Sejarah Beasiswa Perintis

Pada tahun 2010, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Masjid Salman ITB untuk mengadakan program Beasiswa Pelopor. Beasiswa Pelopor merupakan beasiswa pendampingan untuk masuk ke ITB, beasiswa biaya kuliah serta biaya hidup yang diberikan kepada adik-adik SMA yang unggul secara akademik namun terkendala secara ekonomi di Provinsi Jawa Barat. Pada saat itu, Beasiswa Pelopor berhasil meloloskan sebanyak 100 putra putri terbaik Jawa Barat ke ITB.

Program Beasiswa Pelopor hanya berlangsung pada tahun 2010. Dengan membawa semangat yang sama, pada tahun 2011-2017 Lembaga Pengembangan dan Pendidikan Salman ITB melanjutkan program ini dengan nama Beasiswa Perintis, namun terbatas pada beasiswa pendampingan masuk PTN. Dalam kurun waktu tersebut, Beasiswa Perintis terbuka untuk adik-adik SMA se-Indonesia.

Sejak tahun 2017, Beasiswa Perintis mengusung kembali semangat untuk dapat memberikan beasiswa biaya kuliah dan biaya hidup bagi para penerimanya, tidak hanya sebatas beasiswa pendampingan masuk ke ITB. Sejak saat ini, Beasiswa Perintis dikelola oleh Rumah Amal Salman yang merupakan Lembaga Amil Zakat di Kota Bandung.